Minggu, 23 Desember 2007

All About Bandung 1

Sebelum Anda jalan-jalan ke Bandung ada baiknya anda mengenali Bandung terlebih dahulu.

Bandung adalah ibukota provinsi Jawa Barat, Indonesia. Terletak di pulau utama Indonesia, Pulau Jawa pada ketinggian 768 meter dari permukaan laut, pada 6°55' S 107°36' E. Bandung dikelilingi oleh oleh gunung berapi yang beberapa diantaranyamasih aktif. Karena terletak pada ketinggian 768 mdpl dan dikelilingi oleh banyak gunung, Bandung beriklim sejuk dan cenderung dingin pada malam hari. Tetapi pada beberapa tahun terakhir ini Bandung mulai terasa panas(mungkin karena pemanasanglobal kali ya?).

Bagian utama Bandung terletak di daerah selatan dari rel kereta api yang melintasi kota dari timur ke barat. Kebanyakan bank, bandara, kantor pariwisata dan hotel bintang 5 terletak di sini, begitu pula alun-alun, sebutan bagi lapangan utama di kota-kota di Indonesia. Jalan utama, Jalan Asia Afrika, terdapat pada sisi kota ini, seperti juga Jalan Braga, yang merupakan tempat perbelanjaan kelas atas pada zaman penjajahan Belanda dan sekarang menjadi pusat hiburan malam di Bandung. Sebagian besar dana akomodasi untuk kota dan banyak pusat perbelanjaan besar seperti Mall-mall juga terdapat pada area ini.

Pada sisi lain dari rel kereta api terdapat area pemukiman kelas atas yang dulunya adalah pemukiman bagi orang Belanda dengan pepohonan yang besar tersusun di sepanjang jalan, taman dan kebun. Area perkotaan terdapat di bagian utara sepanjang dua jalan utama, Jalan Setiabudi and Jalan Juanda, sampai ke bukit Dago. Kantor Pemerintahan provinsi Jawa Barat, Institut Teknologi Bandung dan Kebun Binatang terdapat di area ini.

Meskipun Bandung hanya berusia 200 tahun tapi memiliki banyak tempat bersejarah dan kebudayaan yang menarik, yang tidak kalah juga museumnya dan dekorasi seni arsitekturnya.

Konferensi Asia Afrika
Pada tahun 1955 Bandung dipilih menjadi tuan rumah penyelenggraan Konferensi Asia Afrika yang dihadiri oleh29 pemimpin negara-negara di Asia dan Afrika. Museum Afro Asian Converence dibangun pada tahun 1980 sebagai bagian dariperingatan seperempat abad penyelenggaraan konferensi tersebut. Di museum ini dipamerkan bernagai hal terkait denganpelaksanaan konferensi tersebut termasuk dokumentasi yang diwujudkan dalam bentuk diorama.Pada tahun 2005 yang lalu diadakan peringatan 50 tahun KAA di Bandung.

Warisan Pusaka Arsitektur Bandung
Kota Bandung memiliki warisan pusaka berupa peninggalan arsitektur yang unik. Sebuah bagunan yang menarik perhatian adalahGedung Sate yang dibangun pada tahun 1892. Kini, Gedung Sate yang berlokasi di Jl. Diponegoro 22 itu menjadi kantorGubernur Jawa Barat. Selain Gedung Sate ada juga Museum Geologi yang merupakan bangunan tua yang memamerkan berbagai koleksiyang terkait dengan bidang geologi, diantaranya adalah rangka manusia dari generasi pertama, binatang purba dan sebongkahbatu bintang seberat 156 kilogram yang diperkirakan jatuh ke bumi pada tahun 1884.Satu lagi bangunan yang memiliki laggam arsitektur yang unik adalah Gedung Merdeka berada di Jl. Asia Afrika yang dirancangoleh arsitek Belanda van Gellen Las dan C.O Wolf Schumaker. Di gedung ini banyak tersimpan dokumen-dokumen terkaitpenyelenggaraan Konferensi Asia Afrika.


1 komentar:

Kinkedo mengatakan...

Hebat!! Mendukung Visit Indonesia 2008!! Semangat!!

by X-bone/namous/kinkedo